Materi IPA Mengenai Penjelasan Matahari

Materi IPA Mengenai Penjelasan Matahari. Setiap hari kita dapat melihat matahari terbit dari timur dan matahari terbenam di arah barat. Perlu kalian ketahui Matahari adalah pusat tata surya dimana kita hidup sekarang. Matahari adalah salah satu diantara 200 milyar bintang yang menempati Galaksi bima sakti.

Matahari termasuk bintang karena memancarkan sinarnya sendiri. Setiap bintang memiliki ukuran yang beraneka ragam termasuk bintang-bintang yang ada di galaksi bima sakti. Bagi bintang yang memiliki berukuran besar dinamakan Giant, lalu bintang yang memiliki berukuran sedang dinamakan  Medium, dan yang terakhir bintang memiliki ukuran kecil  dinamakan  Dwarf. Sedangkan bintang matahari  memiliki garis tengah sekitar 1,4 juta km atau 109 x  garis  tengah  bumi. Matahari bukanlah bintang terbesar yang ada di alam semesta ini namun masih dalam kategori ukuran sedang.

Alfa Centauri adalah bintang yang paling dekat dengan pusat galaksi, yaitu sekitar 4,5 tahun cahaya. Sedangkan itu letak matahari dalam  Galaksi  Bima Sakti berada di sayap  dengan  jarak  dari  pusat  galaksi sekitar  30.000 tahun cahaya.

Sampai saat ini belum diketahui bintang mana yang letaknya paling jauh dari matahari hal ini dikarenakan cahayanya belum sampai ke bumi.

Matahari

Seperti yang telah kita pelajari bahwa setelah alam semesta diciptakan diawali dengan dentuman dahsyat, dilanjutkan dengan debu dan awan hidrogen hasil ledakan yang lalu membentuk bintang-bintang yang tersebar dan memiliki ukuran berbeda-beda. Begitu pula dengan Matahari yang juga berasal dari kabut purba di ruang angkasa tersebut. Gaya gravitasi antar molekul menyebabkan adanya gerakan dan pusaran- pusaran. Pengerasan pada tempat-tempat tertentu sementara proses pemipihan terus berlangsung.

Bagaimana matahari diciptakan? Matahari tercipta dari gumpalan kabut yang berada di tengah, sedangkan gumpalan-gumpalan yang berada di sekelilingnya akan menjadi planet-planet. Matahari dapat menyala dengan memanfaatkan tenaga nuklir, tenaga nuklir itu mendorong selubung gas yang masih menyelimuti bakal planet. Ketika daya pancar matahari membesar, selubung gas pada planet yang dekat tersapu bersih dan tinggallah planet telanjang yang ukurannya menjadi kecil dan padat. Namun planet-planet raksasa yang berada jauh dari matahari tidak begitu banyak terpengaruh.

Matahari sebagai pusat sistem tata surya mempunyai karakteristik sebagai berikut:

Matahari

Berapa ukuran volume matahari? Menurut para ahli matahari memiliki volume sebesar 1.300.000 kali bumi dan merupakan benda langit terbesar yang ada di Tatasurya,  sedangkan  massa  matahari adalah 334.000  kali  massa  bumi.  Matahari memiliki gaya gravitasi sebesar 28  kali gravitasi bumi. Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi dengan jarak sekitar 150 juta km.  Matahari  bagaikan  lautan tungku api  raksasa,  suhu permukaan matahari mencapai  5700  Kelvin. Sedangkan bagian intinya bisa mencapai 15 juta Kelvin. Matahari terdiri atas beberapa lapisan, diantanya lapisan  inti,  lapisan  radiasi,  dan  lapisan  konveksi.  Matahari juga memiliki bagian luar, bagian luar ini luarnya terdapat lapisan fotosfer dan atmosfer.

Baca juga: 
Matahari seakan-akan bergerak dari timur ke barat karena adanya rotasi bumi. Jika cahaya matahari dilewatkan pada prisma kaca makan akan menghasilkan cahaya putih, dan dapat diurangikan/terurai  menjadi  warna  pelangi (mejikuhibiniu).  Uraian  warna-warna  itu  disebut  spektrum.  Bahan bakar utama matahari adalah Hidrogen. Dengan mengamati garis-garis  serapan  pada  spektrum  matahari kita dapat mengatahui jika  unsur  kimia  penyusun matahari   yaitu Hidrogen   (76,4%),   Helium   (21,8%),   dan   sisanya   (2%) adalah   unsur   lain. 

Bagaimana matahari dapat menyala? matahari dapat menyala karena adanya penggabungan inti-inti  atom  hidrogen  yang  kemudian  membentuk  inti  atom  helium  sembari  melepas  energi. Menurut para ahli sekitar 0,7% dari masa inti hidrogen matari yang mengalami reaksi tersebut akan berubah menjadi energi. Setiap detiknya 4 milyar kg massa matahari berubah menjadi sinar gamma. 

Berapa lama matahari akan padam? Kalian tahu menurut para ahli ternyata matahari sudah bersinar selama 5000  juta  tahun dan masih memiliki persediaan hidrogen yang cukup untuk tetap bercahaya sampai 5 milyar tahun mendatang.

Sumber : Kelas Bintang

Berikanlah Komentar yang Membangun :-)

0 Response to "Materi IPA Mengenai Penjelasan Matahari"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel