Materi IPA Mengenai Gerhana Bulan

Materi IPA Mengenai Gerhana Bulan. Sebelumnya kita telah belajar mengenai gerhana matahari. Kali ini kita akan belajar mengenai gerhana bulan. Terdapat beberapa jenis gerhana bulan, diantaranya adalah gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana matahari penumbra.

Lalu apa pengertian gerhana bulan? bagaimana bisa terjadi gerhana bulan? 

Gerhana bulan adalah salah satu peristiwa yang langka dimana tidak terjadi setiap hari, Gerhana Bulan adalah salah satu kejadian astronomi dimana terjadi saat Bumi, Bulan dan Matahari terletak pada satu garis lurus. Fenomena Gerhana Bulan dapat terjadi karena cahaya matahari yang seharusnya sampai ke bulan dan dipantulkan ke bumi terhalang oleh bumi. 

Secara gampangnya fenomena Gerhana Bulan adalah suatu peristiwa astronomi dimana cahaya bulan tidak bisa menuju bumi karena terhalang oleh bumi itu sendiri, karenaposisi Bulan, Bumi dan Matahari berada pada satu garis lurus. Kalian tahu bulan memantulkan cahaya yang didapat dari matahari lalu dipantulkan ke bumi, saat gerhana bulan, cahaya matahari yang seharusnya sampai ke bulan dan dipantulkan oleh bulan tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi. Ditambah ukuran bumi yang lebih besar dari bulan, maka hampir semua cahaya tidak akan sampai ke bulan.


gerhana bulan


Waktu terjadinya Gerhana Bulan 2-3 kali dalam satu tahun, walaupun begitu, ada kondisi dimana dalam satu tahun tidak terjadi gerhana bulan sama sekali. 

Perlu kalian ketahui, saat terjadi gerhana bulan, seringkali kita masih bisa melihat bulan. Hal ini terjadi karena sinar matahari masih ada yang dibelokan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Biasaya warna dari spektrum cahaya ini berwarna merah. Maka hal inilah yang menyebabkan bulan tampak berwarna gelap, merah, jingga, atau coklat ketika proses gerhana bulan berlangsung.

Baca juga : Materi IPA Gerhana Matahari

Berbeda dengan gerhana matahari dimana kita tidak bisa mengamati prosesnya dengan mata telanjang/tanpa pengaman. Kita bisa mengamati proses terjadinya gerhana bulan ini dengan mata telanjang dan tidak akan berbahaya bagi mata kita.

Gerhana Bulan dapat terjadi saat bulan purnama, dan Gerhana Bulan dapat terjadi paling lama selama 1 jam 45 menit.

Ada beberapa jenis gerhana bulan yang perlu kalian ketahui, diantaranya sebagai berikut :
  1. Gerhana Bulan Total
  2. Gerhana Bulan Sebagian
  3. Gerhana Bulan Penumbra
Perhatikanlah gambar di bawah ini!

proses terjadi gerhana bulan
Proses Terjadinya Gerhana Bulan
Berdasarkan gambar di atas, berikut penjelasan proses terjadinya gerhana bulan:
  1. Pada posisi D terjadi bulan purnama. Kemudian bulan masuk ke posisi C
  2. Pada posisi C terjadi gerhana bulam penumbra
  3. Pada posisi A terjadi gerhana bulan sebagian/parsial
  4. Kemudian bulan masuk ke umbra bumi, pada posisi B inilah terjadi gerhana bulan total.
  5. Kemudian bulan keluar dari umbra bumi dan masuk ke posisi A dan akhirnya keluar dari penumbra bumi.
  6. Terakhir bulan akan muncul lagi sebagai bulan purnama.
Berikut kami tuliskan penjelasan dari masing-masing jenis Gerhana Bulan:

1. Gerhana Bulan Total

gerhana bulan total


Gerhana ini terjadi apabila seluruh bagian bulan berada pada posisi umbra bumi. Ketika gerhana bulan total kita akan melihat bulan berwarna agak kemerahan pucat.


2. Gerhana Bulan Sebagian 

gerhana bulan sebagian

Gerhana bulan sebagian terjadi apabila separuh/beberapa bagian bulan berada pada umbra bumi, sedangkan bagian bulan yang lain berada pada penumbra bumi. Ketika gerhana bulan sebagian bulan akan terlihat berseinar sebagian sedangkan bagian lainya akan gelap.


3. Gerhana Bulan Penumbra

gerhana bulan penumbra

Gerhana bulan penumbra dapat terjadi apabila selurah bagian bulan berada pada posisi penumbra bumi. Ketika gerhana bulan penumbra warna bulan hampir sama dengan warna bulan yang cerah.

Gerhana bulan ini tidak bisa diamati tanpa menggunakan teropong atau alat untuk melihat benda langit lainya.

Sumber : Kelas Bintang

Berikanlah Komentar yang Membangun :-)

0 Response to "Materi IPA Mengenai Gerhana Bulan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel