Materi IPA Mengenai Bulan

Bulan diambil dari bahasa Latin yaitu “luna” yang kemudian diartikan sebagai “lunar”. Kalian mungkin pernah bertanya-tanya apa itu Bulan? Bulan adalah satu-satunya satelit yang dimiliki oleh Bumi. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya.

Kenapa Bulan tidak jatuh ke Bumi? Bulan tidak jatuh ke bumi karena memiliki gaya sentrifugal yang berasal dari orbit Bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal ini besarnya sedikit lebih besar dari pada gaya tarik-menarik antara gravitasi Bumi dan Bulan, hal inilah yang menyebabkan setiap tahunya Bulan semakin menjauh dengan kecepatan sekitar 3,8 cm/tahun dari Bumi. 

Darimaan asal Bulan? Sebenarnya asal-usul Bulan belum diketahui secara tepat, namun, para ahli telah berpendapat jika Bulan ternyata berasal dari tabrakan antara Bumi dengan sebuah planet kecil sekitar 3 milyar tahun yang lalu, planet kecil itu bernama Theira. Tabrakan hebat itu lalu menghasilkan debu yang sangat banyak dan pekat, debu-debu itu lalu mengorbit di sekeliling Bumi lalu secara berangsur-angsur debu-debu tersebut mengumpul dan berubah menjadi Bulan.

Materi IPA mengenai Bulan

Pergerakan Bulan

Bulan adalah satu-satunya satelit yang dimiliki Bumi, satelit yang selalu setia mengelilingi Bumi. Bulan memiliki diameter sebesar 480 km. Bulan beredar mengelilingi Bumi dengan jarak rata-rata 384.421 km. Sama seperti Bumi dan benda langit lainya, Bulan juga memiliki dua gerak yang utama, yaitu Rotasi dan Revolusi.

Baca juga : Materi IPA Mengenai Gerhana Bulan

A. Rotasi Bulan

Rotasi adalah suatu perputaran pada porosnya, arah rotasi Bulan adalah dari arah Barat ke Timur. Uniknya waktu lama rotasi bulan sama dengan lama revolusinya, hal ini menyebabkan permukaan Bulan yang mengahadap Bumi menjadi relatif tetap. Bulan memiliki gerak angguk, gerak ini lah yang menyebabkan adanya sedikit perubahan permukaan Bulan yang menghadap ke Bumi.Namun hal ini sangat kecil dan sulit diamati sehingga dapat diabaikan.

B. Revolusi Bulan

Revolusi Bulan adalah pergerakan Bulan mengelilingi Bumi. Arah revolusi Bulan bergerak dari arah Barat ke Timur. Bulan memerlukan waktu rata-rata 27 hari 7 jam 43 menit 12 detik dalam satu kali revolusi.

Perlu kalian ketahui jarak Bumi dan Bulan berubah setiap saat, hal ini dikarenakan lintasan orbit Bulan mengitari Bumi tidak berbentuk seperti bola seperti namun berbentuk ellips/lonjong. Jarak terdekat dinamanakan (peridge), dan jarak terjauh dinamakan (apooge). Selain itu, ternyata bidang orbit Bulan mengitari Bumi juga tidak sejajar dengan bidang orbit Bumi mengitari Matahari (bidang ekliptika), yang rata-rata kemiringan orbit Bulan terhadap ekliptika sekitar 5,13 derajat. Oleh karena itu ada waktu dimana Bulan berada di bidang ekliptika dalam posisi naik dan beberapa belas hari kemudian kembali tepat di bidang ekliptika dalam posisi turun. Titik naik dan  turun dalam bidang ekliptika disebut ascending node dan descending node.

Baca juga : Materi IPA Mengenai Gerhana Matahari

Fase-Fase Bulan

Bulan bukan lah bintang, jadi Bulan adalah benda yang tidak memiliki sinarnya sendiri, adapun cahaya yang tampak dari Bumi itu karena bulan memantulkan cahaya yang didapatkan dari Matahari. Setiap hari berganti bentuk dan ukuran Bulan akan selalu berubah-ubah sesuai dengan posisi Bulan terhadap Matahari dan Bumi.

Bulan mempunyai 4 fase utama18 :


  • Bulan baru (new Moon)
  • Kuartal Pertama (1st quarter)
  • Bulan purnama (full Moon)
  • Kuartal ketiga atau terakhir (3rd quarter atau last quarter) 
fase-fase bulan
Fase-fase Bulan


Manfaat dari fase-fase Bulan ini adalah untuk penentuan waktu bulanan selama satu tahun. Jenis kalender yang memanfaatkan Bulan sebagai acuan disebut kalender Bulan (Lunar Calender). Perhitungan ini dilakukan dengan cara melihat perubahan fase-fase Bulan setiap harinya selama satu bulan, bentuk Bulan yang tampak dari Bumi menjadi dasar penentuan jumlah hari.

Sekian penjelasan kami mengenai Bulan,semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Untuk lebih melengkapi pengetahuan kalian mengenai benda lait lainya, kalian juga perlu membaca postingan saya mengenai Matahari yang dapat kalian buka di sini.

Sumber : Kelas Bintang

Berikanlah Komentar yang Membangun :-)

0 Response to "Materi IPA Mengenai Bulan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel