Mengontrol Kecemasan Anak

Mengontril kecemasan anak. Kecemasan dan gelisah kerap kali melanda baik usia tua maupun muda, bahkan kecemasan dan kegelisahan ini juga bisa datang pada anak-anak. Kecemasan dapat datang karena mengalami suatu hal atau datang tanpa sebab. 

Jika kecemasan ini terjadi secara berlebihan dan tidak dapat dikontrol tentunya akan menggangu proses kehidupan. Terutama pada anak-anak dimana mereka banyak mendapatkan dan menemukan hal-hal baru di usia mereka, saat menemukan hal-hal baru inilah kecemasan akan timbul. Sebagai orangtua kita tentu harus mengajarkan anak kita bagaimana mengolah rasa cemas tersebut, agar anak kita bisa menjalani kehidupanya dengan baik kelas. Lalu bagaimana cara mengatur kecemasan itu sendiri? Kalian bisa simak di bawah ini !

1. Berdo'a
Cara yang pertama dan paling ampuh adalah dengan cara berdo'a. Dengan berdo'a dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan benar, maka kecemasan akan hilang. Hal ini lah yang perlu kita tanamkan pada anak kita. Contohnya ketika anak kita akan menghadapi ujian dan dia merasa sangat cemas, kita tanamkan pada anak untuk selalu berdo'a dan menanamkan bahwa semua akan baik-baik saja.

2. Memperbaiki Irama Pernapasan
Cara yang kedua adalah memperbaiki irama pernapasan. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan sebanyak tiga kali. Memperbaiki irama pernapasanmu sangat efektif untuk mengurangi kecemasan.

4. Tertawa dan Olahraga
Walaupun kita menganggap anak-anak masih belum memiliki beban dalam hidup, namun hal ini adalah salah besar. Anak-anak juga memiliki masalah dalam kehidupannya sendiri, dimana bagi sudut pandang anak masalah tersebut adalah masalah yang sangat berat untuk dihadapi. Terlebih lagi jika masalah tersebut terus menumpuk dan membuat anak menjadi selalu merasa cemas. Salah satu cara menghilangkan kecemasan dalam diri anak tersebut adalah dengan mengajar mereka untuk tertawa dan berolahraga.

5. Istirahat Cukup
Kurang tidur dapat menjadi faktor utama kecemasan timbul, anak-anak memiliki banyak aktifitas dalam keseharianya. Perlunya energi dan istirahat yang cukup untuk menjalani berbagai aktifitas tersebut. Maka didiklah anak untuk selalu istirahat dengan teratur.



Baca juga : 


8. Menuliskan Kecemasan pada Kertas
Cara ini,  lumayan ampuh mengurangi emosi dan rasa sesak di dada. Karenanya, ajaklah anak untuk menuliskan dengan jujur ketakutan dan kecemasan yang ada dalam benak anak, seperti "Saya takut ketika...", "Saya cemas karena...", atau "Saya nggak yakin kalau harus...".

7. Ajaklah Anak Bersantai
Rasa cemas kerap datang akibat banyaknya pekerjaan atau tugas lainnya. Karena itu, usahakan untuk mengajak anak untuk menyisihkan waktu buat bersenang-senang dan bersantai. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti menonton film bersama dengan keluarga, pergi berlibur ke pantai dan lain-lain.

Sumber : Kelas Bintang

Berilah komentar yang membangun di bawah :-)

0 Response to "Mengontrol Kecemasan Anak"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel